Saya baru benar-benar memiliki buku ini (Timor Timur The Untold Story - Kiki Syahnakri) di bulan April 2021 melalui pembelian di toko online. Sekitar 8 tahun lalu ketika buku ini terbit, saya sempatkan membaca di toko buku gramedia. Kesan yang saya rasakan ialah: "sebuah buku yang menarik, terutama bagi saya yang sejak masuk kuliah begitu gandrung dengan Sejarah Timor Timur". 

Seminggu lalu, saya sudah mendaftar untuk dapat tempat untuk paparan tentang buku tersebut di klub sejarah, History Club 32 Jakarta. Klub ini membahas sejarah tidak selalu serius, namun diisi dengan guyonan, komedi, dan lucu-lucuan. Persiapan sudah dilakukan, bahkan sejak buku tersebut ditangan 2 bulan lalu. Jum'at sore ini waktunya.....

Paparan dimulai, sekitar 4 menit laptop mati. Coba lagi..lagi..dan untuk kesekian kalinya, membuat saya harus berhenti agar kegiatan diskusi rutin kali ini dapat segera berlanjut walaupun dengan ateri yang berbeda. Laptop down, laptop tak memiliki kekuatan hidup ketika presentasi Ppt via G-Meet. Permintaan maaf kepada pembina dan semua rekan-rekan yang terdiri dari muri, alumni, dan guru-guru diutarakan via WAG. 

Untuk pemahaman yang lebih baik, rasanya harus melihat tayangan video berikut ini:

Mantab bukan ?.