Fretilin


Fretilin adalah musuh ABRI selama bertahun-tahun, sejak 1975 hingga 1999 ketika pihak Indonesia hengkang dari bumi Timor Timur. Awalnya Fretilin yang berdiri tahun 1974 berjuang untuk kemerdekaan Timor Portugis setalah terjadinya proses dekolonisasi sebagai buntut kudeta di Portugal. Belum genap mencapai yang dicita-citakan keburu tentara ABRI menyerang dan menduduki Timor Portugis di akhir tahun 1975.

Fretilin sendiri merupakan akronim dari Frente Revolucion├íria de Timor-Leste Independente. Arti dalam bahasa Indonesia dari Fretilin adalah Front Revolusi Kemerdekaan Timor-Leste. Organisasi inimemeliki sayap paramiliter yang bernama Falintil dan beberap sayap lainnya. Orang Indonesia umumnya mengenal Fretilin sebagai GPK (gerakan Pengacau Keamanan).

Fretilin dijaman Orde Baru, tentunya dengan perang-perang yang terjadi dengan ABRI, seperti GPK Aceh, GPK OPM, maka Fretilinlah yang terhebat. Demikianlah saya merekam dari beberapa tentara yang masih aktif dan pensiun ketika ditanya tentang Fretilin. Personil Fretilin memiliki disiplin pegang rahasia yang setara dengan tentara profesional. Ketika mereka tertangkap oleh ABRI, maka kekerasan tak terhindari. Ini dapat dipahami karena ketika itu adalah masa perang. Apa hasilnya ?, anggota Fretilin bungkam seribu bahasa. Soal mental perang, mereka dapat disetarakan dengan pejuang-pejuang yang tangguh. 

Fretilin kini sudah berubah, yang dulunya berperang di dalam hutan menghadapi ABRI, kini "berperang" dengan kemiskinan, kebodohan, dan tetap bertempur untuk negara yang selama 25 tahun diperjuangkan.

Selamat berjuang saudaraku Timtim ! 

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Mantap Pak Guru, Fretelin sekarang sudah menderita. Kemerdekaan yang diperoleh akibat kecurangan mengakibatkan kesengsaraan.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, mari bangun argumen bukan sentimen