#7 – Partai Komunis Unisoviet dan Monopoli


oleh

Sucipto Ardi


Uni Soviet dalam sejarahnya bukan sekedar sebuah negara yang berdaulat seperti lainnya, melainkan menjadi salah satu penentu jalannya sejarah dunia ini. Keberadaannya banyak dijadikan contoh, inspirasi dan pelajaran bagi bangsa lain di dunia. Revolusi kaum Bolshovik 1917 yang begitu heroik menjadi dalah satu tonggak perubahan sosial yang begitu digdaya. Ketika kerajaan “Tsar” digantikan revolusi, dan negara Uni Soviet tercipta mulai ideologi sosialis menuju komunis dipraktikkan pada kenyataan dalam negara. Ideologi komunis Karl Marx memang menjadi ruh kaum Bolshevik, namun sosok Lenin, Trotsky, dan Stalin terihat menjadi “arsitek plus pilot” dalam menjalankan negara yang bentangannya melewati 2 benua, yakni Asia dan Eropa.

Partai Komunis Uni Soviet (PKUS) dalam bahasa Rusia adalah Kommunisticheskaya partiya Sovetskogo Soyuza; disingkat КПСС, KPSS) merupakan partai politik yang berkuasa hingga tahun 1990. Sejak revolusi 1917 hingga 1990, PKUS adalah satu-satunya partai yang berkuasa. Dibawah “kendali” partai ini, Uni Soviet beroperasi sekitar 70 tahun. Pemimpin PKUS sekaligus menjabat sebagai Sekretaris Jenderal, kepala pemerintahan, atau kepala negara. Oleh karena kata “kendali” tadi dapat ditemukan akarnya disini.

Teror penyiksaan hingga kematian yang tidak diketahui membayang-bayangi warga negara yang kritis, apalagi membangkang dengan negara. Lenin dikenal sebagai “penghabis” kaum borjuis, bangsawan di seluruh dataran beruang biru ini. peta ekonomi jalan baru yang digagas, dan dikembangkan oleh Stalin telah mengorbankan rakyatnya sendiri. Diktator, “tangan besi”, tidak ada kebebasan berbicara adalah cap negara yang dikenal sebagai “bapaknya” komunis dunia. Mereka yang tidak tahan hidup di Uni Soviet ini, memilih untuk pergi ke luar negeri.

Kesan juga kenyataan yang terbilang mengerikan itu, terimbangi dengan posisi Uni Soviet dipapan atas dunia. Negara yang ikut memenangkan Perang Dunia 2 hingga ke jantung persembunyian Hitler, kemudian menjadi negara adikuasa bersama Amerika Serikat. Perbedaan dan pertentangan idelogi diantara keduanya dan persaingan memprebutkan pengaruh diantara negara-negara di dunia menghantarkannya pada Perang Dingin. Perang intelijen dengan Amerika Serikat, persaingan teknologi, hingga perang fisik seperti di Vietnam adalah varian Perang Dingin yang membawa hawa positif juga negatif untuk seluruh dunia. Apapun alasannya, perang dingin diantara kedua negara adidaya ini, tak lain ialah agar ada 1 negara sebagai pemenang dan menjadi “penguasa tunggal” dunia. 

Menujuke arah sana, klimaksnya dimulai di pertengahan tahun 1980-an. Uni Soviet yang sudah tertinggal teknologinya setelah Amerika Serikat mendaratkan manusia ke bulan, kemudian terlengkapi dengan kekangan kebebasan juga ekonomi yang semakin memburuk. Gelora perbaikan yang diusung Gorbacev menjadi salah satu solusi penting. PKUS tidak mampu berbuat banyak kini karena Gorbacev yang terbilang muda ini mengangkat orang-orang partai yang terbuka pikirannya jauh berbeda dengan pola mengerikan partai komunis selama ini.

Sejarah mencatat bahwa pada tanggal 7 Februari 1990, Komite Pusat Partai Komunis setuju untuk melepaskan monopoli atas kekuasaannya. Uni Soviey mengendur, dan negara-negara setelitenya menolak membayar pajak kepada pemerintah pusat di Moskwa. Ekonomi semakin merosot. Di tanggal 7 Februari ini, PKUS mengakhiri kedigdayaannya dengan membatalkan seluruh kekuatan juga kekuasannya yang selama ini bersifat monopoli.  


Terkait dengan monopoli, sejarah mencatat di tanggal tersebut untuk pertama kali permainan monopoli diterbitkan. Sebelum ada internet, permainan monopoli termasuk popular dikalangan masyarakat Indonesia. 

Permainan monopoli berasal dari negeri Paman Sam, yaitu Amerika Serikat. Sang penemu bernama Elizabeth Magie, dia adalah seorang desainer permainan. Monopoli baru diperkenalkan pada tahun 1903. Ketika itu nama yang digunakan adalah The Landlord’s Game (Permainan Tuan Tanah). Saat itu, bentuk permainannya berupa papan yang menggambarkan cara beli dan sewa tanah. Tak terduga, ternyata permainan ini amat mengasyikkan. Sang pemain bisa merasakan menjadi pemilik banyak rumah. Kemudian banyak orang yang menyebut permainan ini sebagai “monopoly”. Selanjutnya Maggie mempatenkan permainan ini sebagai karyanya pada tahun 1904. Sayangnya, tidak ada produsen yang membuat permainan ini secara massal.

Di 1935, sebuah perusahaan mainan Parker Brothers membeli hak paten permainan monopoli ini dari Elizabeth Maggie. Bentuk permainan monopoli mengalami berbagai revisi dan inovasi. Parker Brothers mulai memproduksinya secara massal dan menjual permainan monopoli ke berbagai negara pada tanggal 5 November 1935. 

Dengan demikian, kedua negara adidaya memiliki kata yang sama yaitu monopoli. Yang di Timur dipakai untuk kekuasaan, sedangkan di Barat digunakan untuk permainan. Begitulah adanya…




Sumber:

https://id.wikipedia.org/wiki/Uni_Soviet#:~:text=Pada%20tanggal%207%20Februari%201990,%2Dundang%22%20dengan%20pemerintah%20pusat.

https://id.wikipedia.org/wiki/Partai_Komunis_Uni_Soviet

https://jogja.tribunnews.com/2019/06/12/di-balik-permainan-monopoly-terdapat-sejarah-pertarungan-ideologi?page=3

https://bobo.grid.id/read/082191622/yuk-ketahui-begini-asal-usul-permainan-monopoli-simak-penjelasannya?page=all

 


Posting Komentar

6 Komentar

  1. Luar biasa,,, terimakasih semakin bertambah ilmu sejarah saya.

    BalasHapus
  2. Jd tambah pengetahuan..
    Terima kasih pak..

    BalasHapus
  3. Menurut saya pembahasan ini sangat menarik karena dapat menambah pengetahuan saya, yang tadinya tidak tahu tentang sejarah unisoviet menjadi tahu dan paham akan itu. Juga begitupun dengan pengetahuan saya mengenai sejarah permainan monopoli. Ditambah dengan penulisan bahasanya mudah dimengerti.

    BalasHapus
  4. bahasan kali ini menarik banget pak, jadi tau asal usul monopoli mainan kesukaan yang hampir semua kalangan pernah memainkannya.

    BalasHapus
  5. Keren pak! Tulisan di atas sungguh menarik, mulai dari negara Uni Soviet dan partai di dalamnya yakni Partai Komunis Uni Soviet, serta pembahasan tentang permainan monopoli yang mungkin jarang terpikir asal mulanya, namun dari sini saya jadi lebih mengetahuinya.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, mari bangun argumen bukan sentimen