#27 – Kemerdekaan Mesir dan Pertempuran Selat Sunda



Oleh

Sucipto Ardi


Menyebut nama Mesir adalah sebuah kemormatan bagi bangsa Indonesia. Bagaimana tidak, negara pemilik piramida yang fenomenal ini, adalah negara yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia. Peran yang dikembangkan paska Indonesia memperoklamirkan kemerdekaannya 17 agustus 1935 tak lain banyak hasil sumbangsih dari meraka yang sudah dan sedang menempuh kuiah Universitas Al Azhar ketika itu. delegasi yang di komandoi oleh H. Agus Salim yang dapat  menembus pemeriksaan dalam negeri Indonesia yang masih dalam keadaan panas dengan Belanda ketika itu. Hal demikiam juga terjdi di pihak Mesir ketika mereka dijajah Inggris.

Mesir di awal abad 20 atau saat dalam Perang Dunia (PD) 1, wilayahnya dikuasai oleh Kerajaan Turki Ustmani. Oleh karena Khilafah ini masuk ke dalam golongan Jerman, maka konsekuensi logis dari kelahnya perang saat itu ialah wilayah Mesir menjadi protektorat Inggris. Kapal perang dan logistik perang lainnya dipindah ke markas yang sudah ditetapkan.

Kaum nasionalis Mesir kemudian secara massif dan berkelanjutan meminta Inggris untuk mengembalikan Mesir sehingga menjadi negara yang kuat dan berdaulat. Dorongan inilah yang dicatat dalam sejarah menjadi salahsatu faktor Kemerdekaan Mesir. Pada tanggal 27 Februari 1922, Inggris memberikan kemerdekaan kepada Mesir. Tanggal ini diperingati oleh warga negara Mesir sebagai Hari Kemerdakaannya. Walaupun Mesir sudah merdeka, sang penjajah Inggris, ternyata masih diberikan kekuasaan untuk melindungi Terusan Suez.

Tentara Inggris yang di tugaskan selalu siap menjaga di Terusan Suez untuk melindungi kepentingan finansial Inggris di sana. Setelah Gamal Abdul Nasser memimpin Mesir dipertengahan tahun 1950-an dengan ide nasionlaisasi perusahaan-peruusahaan Asing, maka terjadilah banyak perubahan. Baru di tahun 1956 keberadaan tentara Inggris di Terusan Suez dikaji ulang dan dinegosiasikan kembali. Tiga perang besar di tahun 1948, 1956, dan 1967 melawan Israel yang melibatkan porsi yang begitu banyak dilakukan oleh Mesir, kemudian merenggangkan hubungan diplomatik dengan Inggris karena negara ini menjadi backing negara baru Israel. 

Jauh agak kebelakang, tepatnya di tahun 1942, Inggris juga berposisi yang nyaris serupa. Inggris yang tergabung ke dalam ABDA (Australia, Inggris, Belanda, dan Amerika Serikat) terlibat peperangan dengan Jepang yang ketika itu sedang bersiap-siap menginvasi Hindia Belanda. Pertempuran laut tidak terelakkan. Peristiwa pada tanggal 27 Februari ini berlangsung sekitar 80 menit di Selat Sunda. “Wong Londo” mengenalnya dengan istilah Battle Of Sunda Strait atau Pertempuran Selat Sunda. Pertempuran ini dimenangkan Jepang, sementara itu kapal Amerika Serikat dan Australia khususnya, mengalami kerusakan dan kehilangan kapal utamanya. Korban tewas di pihak sekutu mencapai 375 awak. ABDA mengalami kekalahan.

Begitulah adanya.




Sumber

https://id.wikipedia.org/wiki/Mesir

https://republika.co.id/berita/internasional/global/17/02/21/olos8l396-hari-ini-inggris-berikan-kemerdekaan-kepada-mesir

https://historia.id/militer/articles/celaka-di-selat-sunda-v54Qp/page/3

https://www.merdeka.com/jabar/mengenang-pertempuran-selat-sunda-27-februari-1942-jepang-menang-atas-sekutu-kln.html?page=all




Posting Komentar

4 Komentar

  1. 1922 mesir sudah bangkit dengan mendapatkn kemerdekaan nya,dihari yang sama dengan tahun yg berbeda bangsa kita justru mengalami peralihan penguasaan yang berujung penderitaan bagi bangsa kita...

    BalasHapus
  2. Mesir sangat dihormati di Indonesia, saya jadi tahu tentang Mesir yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia. Hal ini tentunya menandakan hubungan baik antara Mesir dan Indonesia. Keren pak Cip.

    BalasHapus
  3. Menurut saya ini tema yang sangat menarik dan juga menginspirasi para pembaca. Yang dimana tulisan kali ini berisi tentang sejarah kemerdekaan mesir dan juga tentang bagaimana pertempuran selat sunda bisa terjadi.

    BalasHapus
  4. Artikel ini sangat informatif, membahas secara singkat namun padat mengenai kilas balik sebelum kemerdekaan Mesir, serta peran Mesir sebagai negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, mari bangun argumen bukan sentimen