#23 – Diesel dan Mc.Donalds


Oleh

Sucipto Ardi


Hingga tahun 2021 ini, dunia otomotif dapat dinyatakan mengenal dua permesinan, yaitu diesel dan bensin. Keduanya memiiki kelebihan sekaligus kekurangannya. Sekilas melihat kalau mobil berkelas dan tanpa harus menunggu lama dijalankan, maka mesin berbahan bensin adalah pilihan utamanya, namun untuk mobil pacu jarak jauh, angkutan besar, dan butuh bahan bakar yang irit, maka diesel pilihannya. 

Diesel  bukan nama jenis alat atau suku cadang mesin, akan tetapi nama orang. Diesel diambil dari nama penemu mesin tersebut, yakni Rudoph Diesel. Sejak umur 20 tahun, Diesel meninggalkan tanah kelahirannya di Perancis, Perancis ke London, Inggris. Tak lama berselang, akhirnya Doiesel memjutuskan untuk ke Jerman dan tinggak dengan paman dan bibinya yang berprofesi sebagai guru. Kuliah di jurusan teknik di Muencen dengan predikat lulusan terbaik, bahkan belum ada sehebat Diesel hingga kini.

Rangkaian penciptaannya akan mesin yang begitu banyak dipergunakan untuk kebutuhan manusia ini, diawali dengan menekuni mesin membuat mesin es bening. Proses selanjutnya, dibuatlah mesin dengan menggunakan bahan bakar nabati, yaitu minyak goreng/sayur. Mesin ini juga dikenal amat irit bahan bakar. Diesel mengajukan agar mesinnya di berikan nomor hak paten. Dengan dikeluarkannya serial number: 608845 dan mesin yang diberikan nama: mesin pembakaran dalam (internal combustion engine). Penerimaan hak paten ini berlangsung pada tanggal 23 Februari 1893. Kelak mesin ini dikenal sebagai mesin diesel. 

Di tanggal yang sama, yaitu 23 Februari, restoran  masakan siap saji terbesar di Amerika Serikat, Mc. Donalds dibuka di Mall Sarinah. Gerai pertamanya di tahun 1991 ini menjadi tonggak hadirnya waralaba di mall yang dibangun pada jaman Soekarno tersebut. Dapat dinyatakan, Mc. Donalds ini sebagai langkah awal ekspansi restoran cepat saji di Indonesia.

Sebagai adaptasi, maka Mc.Donalds di Indonesia, mengikuti selera lidah manusia dimana mereka ada. oleh karenaya, menu nasi-nasian dijual. Selanjutnya, setelah beroperasi d Mall Sarina selama 29 tahun, tepatnya di tanggal 10 Mei 2021, Mc. Donalds Sarinah resmi ditutup. Penutupannya begitu menyedot perhatian, baik itu di media tekevisi nasional juga dijagad internet. Wabah Korona yang mewabah tidak mampu menghentikan banyaknya manusia yang menyaksikan secara langsung "seremonial" penutupan gerai waralaba makanan cepat saji pertama di Indonesia.

Entah apakah mereka memiliki kesadaran akan sejarah atau tidak, namun pastinya kehadiran Mc. Donalds di Indonesia masuk kedalam jajaran sejarah kuliner kontemprer di Indonesia. Tidak murah juga tidak terlalu mahal, gerai Mc.Donalds begitu digemari, bahkan hingga kini menyebar ke seluruh mall-mall di Indonesia, begitupula dengan mesin diesel yang juga digemari oleh banyak orang di seluruh wilayah NKRI. 

Begitulah adanya.




Sumber

https://id.wikipedia.org/wiki/Rudolf_Diesel

https://otomotif.okezone.com/read/2019/09/20/52/2107318/mengenal-sejarah-mesin-diesel-dimulai-abad-ke-19?page=1

https://style.tribunnews.com/2021/02/23/sejarah-hari-ini-gerai-mcdonalds-pertama-di-indonesia-buka-di-sarinah-tutup-setelah-29-tahun

https://travel.kompas.com/read/2020/05/08/012832727/restoran-pertama-mcdonalds-indonesia-di-sarinah-thamrin-resmi-tutup-pada-10




Posting Komentar

3 Komentar

  1. Artikel ini sangat menambah pengetahuan, saya jadi lebih mengetahui asal usul nama mesin diesel itu sendiri, serta kisah penemunya. Terima kasih!

    BalasHapus
  2. Saya baru tahu asal usul bahan bakar diesel dan sejarah McD, jadi tidak hanya mengetahui rasa makanan saja dan menambah ilmu pengetahuan.

    BalasHapus
  3. Menurut saya tema tulisan hari ini sangat menarik, kreatif, dan juga inovatif. Bahasa yang digunakan juga mudah dipahami. Materi hari ini memberikan saya pengetahuan tentang awal mula diesel yang juga diambil dari nama penemu mesin tersebut, yakni Rudoph Diesel. dan juga bagaimana awal mula nya restaurant mc. donals

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, mari bangun argumen bukan sentimen