#17 - dr. Marie Thomas dan Buya HAMKA



Oleh

Sucipto Ardi


Kini dapat dinyatakan untuk mencari alamat situs atau portal di dunia maya yang diinginkan, sangat umum akan mampir terlebih dahulu ke google. Mesin atau portal internet ini bagaikan rumah besar bagi nyaris seluruh tulisan atau karya yang ditampilkan di intenet. Dari sini, peselancar dapat menemukan dengan tepat alamat yang diharapkannya. Bisa dibayangkan, terlalu banyak jumlah manusia di bumi ini melihat google.com. Setiap hari atau waktu yang sudah ditentukan, gambar-gambar tertentu ditampilkan. 

Tidak banyak orang Indonesia yang gambarnya terpampang di mesin pencari google.com. berdasarkan keterangan yang dapat ditelusiri, bahwa pada hari ini tanggal 17 Februari 2021, gambar orang Indonesia dalam wujud kartun terpampang di situs google.com. Perusahaan raksasa kelas dunia menampilkan gambar seseorang, berarti ada hal istimewa yang melekat didirinya dan sumbangsih yang diberikan tentunya. 

Banyak orang Indonesia sendiri tidak tahu siapa beliau ?, apa jasanya ?. 

Perempuan itu adalah dr. Marie Thomas yang lahir di Likupang. Hari ini, telah berubah menjadi bagian dari wiayah  Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara. Marie yang lahir  pada 17 Februari 1896, tercatat dalam sejarah sebagai dokter perempuan pertama Indonesia. Dalam umur ke-70 tahun, Sang Pencipta memanggilnya ke surga di tanggal 10 Oktober 1966.

Lulus dari Sekolah Pendidikan Dokter Hindia (STOVIA) pada 26 April 1922 dan tercatat di bulan September 1912 sebagai perempuan pertama yang masuk ke STOVIA. Untuk bersekolah hingga ke tingkat tinggi, bagi perempuan asal Sulawesi Utara, didaerah tempatnya lahir sejak dulu kaum perempuan dipandang sederajat dengan kaum laki-laki.

Masuknya Marie ke STOVIA tidak lepas dari peran Aletta Jacob yang dikenal sebagai dokter perempuan pertama di Belanda. Aletta melakukan tur kedokteran keliling dunia, dan mengunjungi Hindi Belanda di Batavia pada 18 April 1912. Aretta kemudian mendesak Gubernur Jenderal ketika itu, A.W.F.Idenburg agar perempuan bumiputera dapat diizinkan dan mengikuti pendidikan di STOVIA. Peran inilah yang kemudian dapat dinikmati Marie. 

Setelah lulus, Marie bekerja di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo yang dahulu dikenal sebagai Centraal Burger Ziekenhuis di Weltevreden dan menjadi dokter ikatan dinas selama 10 tahun. Cirebon, Manado, dan Bukit Tinggi adalah wilayah tempat dr. Marie menjalankan kewajibannya selaku dokter. Di tahun 1929 Marie menikah dengan Moehammad Joesoef asli Solok, dan kemudian hijrah ke Padang, Sumatera Barat. Di rantau inilah, sebagai ahli kebidanan, ia turut mendidik para bidan di Sumatra. Perananya itu membuat dr. Marie menjadi tokoh masyarakat yang dihormati. Di tahun 1950, dr. Marie mendirikan Sekolah Kebidanan di Bukit Tinggi. Sekolah ini adalah yang perama di Sumatra dan kedua di Indonesia. 

Di tanah Minang ini pula lahir seorang yang pemberani lagi taat kepada perintah Allah SWT., yakni Buya HAMKA (Haji Abdul Malik Karim Amrullah). Tokoh yang dibanggakan bagi kaum muslim, juga Indonesia, merupakan orang yang ulet dalam menapaki kehidupan dan pemberani karena keyakinan agamanya. Beliau dikenal sebagai ulama, satrawan, sejarawan, dan politikus.

Menjadi dosen hingga rektor sudah dijalaninya. Menjadi ketua BPN (Barisan Pertahanan Nasional) Indonesia di tahun 1947, di organisasi Muhammadiyah, dan di Masyumi hingga di penjaar oleh Soekarno. Menjadi ketua MUI, menukis sastra, tafsir, juga sejarah adalah karya yang hingga hari ini masih dapat dinikmati. 

Semua sepak terjangnya membuat namanya besar. Orang minang ini yang lahir pada tanggal 17 Februari 1908, kemudian wafat di Jakarta pada tanggal 24 Juli 1981. 

 


Sumber

https://tirto.id/kisah-marie-thomas-dokter-perempuan-pertama-indonesia-eHkL?utm_source=Tirtoid&utm_medium=Popular

https://manado.tribunnews.com/2021/02/17/sosok-dr-marie-thomas-wanita-asal-sulut-yang-menjadi-dokter-perempuan-pertama-di-indonesia

https://id.wikipedia.org/wiki/Hamka

https://www.merdeka.com/peristiwa/kisah-buya-hamka-tolak-pangkat-mayor-jenderal-dubes-arab-saudi-demi-dakwah.html?page=all


Posting Komentar

3 Komentar

  1. Menurut saya artikel kali ini sangat menarik dan menginspirasi karena berisi tentang dr. Marie Thomas yang lahir di Likupang. Yanh telah berubah menjadi bagian dari wiayah Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara. dr. Marie yang lahir pada 17 Februari 1896, tercatat dalam sejarah sebagai dokter perempuan pertama Indonesia. Dan juga ternyata di tanah Minang ini pula lahir seorang yang pemberani lagi taat kepada perintah Allah SWT., yakni Buya HAMKA (Haji Abdul Malik Karim Amrullah). Tokoh yang dibanggakan bagi kaum muslim, juga Indonesia, merupakan orang yang ulet dalam menapaki kehidupan dan pemberani karena keyakinan agamanya. Beliau dikenal sebagai ulama, satrawan, sejarawan, dan politikus.

    BalasHapus
  2. Saya pikir gambar dokter wanita saat membuka laman Google itu hanya sebatas hiasan belaka. Tapi dari sini saya tau bahwa wanita itu, Marie, merupakan dokter perempuan pertama di Indonesia dan merupakan tokoh masyarakat yang sangat dihormati di Indonesia.

    BalasHapus
  3. Artikel ini membuat saya lebih mengetahui tokoh-tokoh hebat yang sangat menginspirasi di Indonesia, penulisannya pun membuat saya semakin tertarik untuk membaca hingga akhir. Keren!

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, mari bangun argumen bukan sentimen