Periksa Tugas Kelas 12 IPS on Youtube Channel






Sudah menjadi keharusan bahwa seorang guru memeriksa hasil pekerjaan pesera didiknya. pemeriksaan ini dilakukan tak lain untuk melihat sejauh mana kompetensi peserta didik. Di masa normal, cerita proses pemeriksaan tugas bisa langsung disampaikan. Namun, kondisi sekarang ini yang sedang mewabahnya virus corona, cara lain bukan tidak mungkin dilakukan.

Cara yang dapat dilakukan sebenarnya tidak berbeda, tetap saja guru membaca pekerjaan peserta didik. Kemudian disampaikan ke mereka, mana yang bagus dan harus konsisten disana atau jika memungkinkan ditingkatkan lebih tinggi. Untuk yang tidak sesuai harapan diperlakukan sama, tetap disampaikan. Namun demikian, cara penyampaiannya, kini jelas berbeda. pertemuan tatap muka tidak diperkenankan, oleh karenanya secara virtual adalah pilihan yang masuk akal.

Berdasarkan hal tersebut maka untuk melakukan pemeriksaan  pekerjaan peserta didik dilaksanakan dengan cara di rekam. Hasilnya kemudian diterbitkan di: krantoa channel (intro seperti video di atas). Saya cukup meyakini, pemeriksaan pekerjaan peserta didik termasuk tidak banyak didunia maya dalam bentuk video. Pemeriksaan pekerjaan, atau bahkan penilaian mengingatkan kepada sang guru menggambar yang tenar di tahun 80-an, yakni Pak Tino Sidin. Beliau selalu memuji pekerjaan muridnya: "ya, bagus!".

Apa yang dikonsep dan diwujudkan ini merupakan ikhtiar guru untuk memberikan feed back terhadap aksi peserta didik saat pembelajaran. Link video dibawah ini adalah permulaannya...


Periksa Tugas Part 1 


Periksa Tugas Part 2


Channel ini baru saja dibangun dengan diusahan secara rutin kontinu memproduksi video. Do'a kan saya bisa konsisten terus melakukannya.

Posting Komentar

0 Komentar